Monday, 26 December 2016

Nondirective Teaching The Learner at the Center


Model pengajaran tidak langsung didasarkan pada karya Carl Rogers dan beberapa penggagas lain yang memberi bimbingan pada model ini. Rogers mempercayai bahwa hubungan positif antara sesama manusia memudahkan manusia untuk tumbuh. Oleh karena itu, instruksi dalam pembelajaran didasarkan atas hubungan sesama manusia bukan materi pelajaran.

Fokus model ini adalah menjaga dan mempertahankan kerangka berpikir siswa, menjaga perkembangan diri mereka, dan membantu siswa menghadapi masalah-masalah pembelajaran. 

Peran guru pada model ini adalah sebagai fasilitator yang menjalankan konseling dan mengarahkan pertumbuhan dan pekembangan mereka. Guru membantu siswa mengeksplor gagasan-gagasan baru terkait akademik, kehidupan, hubungan dengan orang lain, dll. Atau siswa yang berperan aktif mencari solusi, sedangkan guru hanya memberikan beberapa opsi pilihan.

Model ini menekankan pada gaya pembelajaran yang efektif untuk jangka panjang. Guru dalam model ini harus bersabar dan jangan mengharapkan hasil yang instan. 




Referensi
Joyce, Bruce. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

No comments:

Post a Comment